Troubleshooting Saat Menginstal OS Windows Xp


Mengatasi Error Saat Instalasi Windows XP




Pernahkah sobat ketika meng-install atau meng-upgrade komputer sobat dengan menggunakan CD setup Windows XP, mungkin mengalami satu atau lebih dari gejala berikut:


GEJALA :
* Komputer kamu restart sendiri pada interval/selang waktu yang acak.
* Ketika pertama kali menghidupkan komputer, kamu akan menerima peringatan seperti berikut:

Windows could not start because the following file is missing or corrupt :
System32 \ DRIVERS \ pci.sys

* Ketika kamu start komputer dengan menggunakan Windows XP Recovery Console atau memulai setup dari Windows XP CD-ROM, terdapat pesan error salah satu dari pesan kesalahan berikut:


Setupdd.sys could not be loaded. Error code 4.

atau :

Setupdd.sys could not be loaded. Error code 7.


PENYEBAB :
Masalah ini dapat terjadi jika komputer kamu berisi komponen perangkat keras yang rusak atau tidak kompatibel dengan Windows XP.

PENANGANAN :

Nah, untuk mengatasi permasalahan setup Windows XP seperti telah disebutkan diatas, ikuti langkah-langkah sebagai berikut :

Peringatan !! Jangan keburu menyelesaikan prosedur berikut kecuali kamu sudah sangat berpengalaman dan mengenal baik perangkat keras internal komputer dan instalasinya. Komponen perangkat keras dalam komputer sangat sensitif terhadap listrik statis. Untuk informasi mengenai penanganan yang benar terhadap komponen komputer, coba cari sebanyak mungkin informasi mengenai komponen yang terpasang di komputer kamu biasanya terdapat pada petunjuk dari pabrikan atau cari aja di google.

1. Shut down komputer kamu, dan kemudian cabut semua perangkat PCI (Peripheral Component Interconnect).

2. Restart komputer kamu.
* Jika setup Windows start dengan normal, matikan komputer, kemudian pasang ulang perangkat PCI satu per satu. Jalankan Windows setelah instalasi masing-masing perangkat hardware. Ketika kamu menginstal perangkat yang menyebabkan masalah yang dijelaskan di bagian "GEJALA" seperti sudah disebutkan diatas, cabut perangkat tersebut, dan kemudian lanjutkan pemasangan perangkat PCI lain.
* Jika setup Windows tidak berhasil start, cabut satu atau lebih dari modul memori yang terpasang pada komputer kamu. Cukup biarkan satu buah RAM pada komputer untuk menjalankan setup Windows XP.

Catatan Windows XP membutuhkan 128 megabytes (MB) RAM. Minimum adalah 64 MB dan maksimum adalah 4 gigabyte (GB).

Sebagai contoh, jika dua 256-MB modul memori yang diipasang di komputer kamu, cabut salah satu dari modul memori. Jika Windows mulai berhasil, matikan komputer, kemudian pasang kembali modul RAM satu per satu. Jalankan setup Windows setelah instalasi dari masing-masing modul RAM. Ketika kamu memasang sebuah modul yang menyebabkan masalah yang dijelaskan di bagian "GEJALA", cabut modul RAM, kemudian lanjutkan menginstal modul RAM yang lain.

3. Cek dan tentukan apakah perangkat PCI di komputer kamu kompatibel dengan Windows XP, dengan mengunjungi website Microsoft mengenai Daftar Kompatibilitas Perangkat Keras (Microsoft Hardware Compatibility List - HCL)


Masalah Lain Antara Lain :

1. Windows tidak mau booting (restart pada saat loading logo windows XP)


Penyebab : Virus, Leak Memory, System Bentrok setelah install program.

Solusi dilakukan dari step – step berikut, jika masih tidak bisa lakukan step selanjutnya :

1 Pada saat booting tekan F8 sebelum masuk logo, pilih Last Known Good Configuration (akan merestore kembali registry yg masih bagus).

2 Pada saat booting tekan F8 sebelum masuk logo, pilih SafeMode masukkan username administrator beserta password (jika ada) lalu pilih tombol start ->All Programs -> Accesories -> System Tools dan pilih System Restore, karena kta berada pada Safe Mode maka pilihan satu-satunya yg muncul adalah “Restore My Computer at Earlier Time” lalu restart dan lihat hasilnya.

3. Booting Menggunakan CD Windows XP lalu pilih Repair with console, pilih 1 drive tempat anda menginstall windows default C:\ lalu ketik scan hardisk ketik chkdsk /P /R untuk memperbaiki bad sector dan partisi yg berantakan lalu setelah selesai ketik bootcfg /rebuild membuild up kembali system booting windows terakhir adalah restart.

Jika Anda merasa system anda sudah sangat rusak dan tidak dapat di benerin lagi maka saat nya untuk install ulang, install ulang mmg memakan waktu lama apabila kta harus mencari driver nya maka jika anda ingin menginstall ulang tanpa mencari driver nya dan segala program yg sudah terinstall maka cara shortcutnya adalah :

1. Start Windows XP Anda

2. Browse Source Windows XP

3. Run WINNT32/unattend

Masalah2x Lain :

- NTLDR or NTDETECT.COM Not Found

Jika anda menggunakan file sytem FAT32, anda tinggal boot dengan menggunakan WIN98Floppy/CD Boot, kemudian tinggal copy file NTLDR atau NTDETECT.COM yang ada di folder i386 dari CD Windows XP

Namun jika anda menggunakan file system NTFS :
Lakukan boot dari CD Windows XP anda
Pada pilihan pertama R=Repair option, tekan tombol R
Kemudian tekan nomor yang sesuai dengan posisi tempat instalasi Windows XP yang akan anda repair. Biasanya angka 1.
Setelah itu anda akan diminta memasukan Password Administrator, isilah sesuai dengan password yang anda buat pas pertama kali anda menginstalasi Windows XP.
Setelah itu copy file NTLDR atau NTDETECT.COM dengan perintah :
Copy X:\i386\NTLDR C\: atau Copy X:\i386\NTDETECT.COM C\: dimana X adalah CD Room anda.
Keluarkan CD Windows XP dan Restart komputer. 

NTFS_FILE_SYSTEM atau FAT_FILE_SYSTEM (0X00000024) atau (0X00000023)
Pada pesan error ini, berarti masalah pada partisinya, kemunkinan dari filesystemnya. Coba teman-teman pakai metode manual, yaitu, cek kabel hardisknya. Apa ada yang kendur. Kalo masih, coba gunakan tool chcdsk.

Thanks to http://lughot.blogspot.com/

Penulis : Rama Dhan Hanya sebuah blog untuk Pembelajaran..

Artikel Troubleshooting Saat Menginstal OS Windows Xp ini dipublish oleh Rama Dhan On Tuesday, 9 October 2012 . Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda, Jika ada yang kesusahan Comment saja 0 komentar: di postingan Troubleshooting Saat Menginstal OS Windows Xp
 

0 comments :

Post a Comment

Dapatkan Update-an terbaru di Facebook dengan Click like.

Please Wait 15 Seconds...!!! Close This Pop Up